Pemprov Sumbar Siapkan Lahan untuk Pembangunan Lapas di Pulau Terluar Mentawai

"Membangun Lapas seperti itu perlu dimatangkan"
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly (kemeja putih) saat berkunjung ke Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kementerian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) tengah menggagas pembangunan Lembaga permasyarakatan (Lapas) di daerah terpencil seperti pulau-pulau terluar.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan, pembangunan Lapas di pulau terluar, terpencil, dan jauh dari pantai-pantai besar serta daerah berpenduduk perlu lebih dimatangkan, terutama untuk pelaku tindak-tindak pidana besar.

"Membangun Lapas seperti itu perlu dimatangkan. Apalagi untuk pelaku tindak pidana besar, daerah pulau terluar bisa mengurungi niat melarikan diri dari Lapas," katanya.

Ia menerangkan bahwa ide pembangunan Lapas di pulau-pulau terluar dan terpencil memang sudah ada di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI.

Seiring dengan itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap untuk menyediakan lahan untuk mendukung kebutuhan pembangunan lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Kepulauan Mentawai oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) RI.

Kesiapan tersebut disampaikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

"Bapak Menteri, kami tunggu surat dari Kakanwil berapa kebutuhan tanah untuk lapas di Mentawai. Kalau Mentawai mau dijadikan (lapas) terbesar kedua," pungkas Nasrul Abit.

[Joni Abdul Kasir]