Ekonomi Mentawai Masih Tergolong Lemah, Ini Rencana Bupati Yudas

"Taraf hidup masyarakat Mentawai masih dikategorikan miskin"
Bupati Mentawai Yudas Sabaggale (Covesia.com)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF – Banyak yang telah mengetahui bahwa Kabupaten Kepulauan Mentawai kaya akan potensi alam, tapi masih saja pada faktanya ditemukan masyarakat yang tetap miskin.

“Perputaran keuangan dan ekonomi tidak terserap di Kepulauan Mentawai, melainkan perputaran itu berada di luar Bumi Sikerei, sehingga pertumbuhan ekonomi tidak nampak,” ucap Yudas.

Dilansir dari Padangmedia, Bupati mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Mentawai 5,2 persen. Sementara, inflansi 4,7 persen. Artinya, ekonomi Mentawai masih sangat rendah, termasuk tingkat kemiskinan di Mentawai sebesar 15,26 persen.

Taraf hidup masyarakat Mentawai masih dikategorikan miskin. Padahal, dengan banyaknya hasil alam, tentunya bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Langkah yang harus dilakukan untuk keluar dari kemiskinan, kata Yudas Sabaggalet, adalah dengan membuka pengembangan usaha mikro kecil dan menengah serta membuat akademik centre guna untuk pengembangan ekonomi di Mentawai. Selanjutnya mengembangkan perikanan dan kelautan serta pariwisata.

Daerah Mentawai saat ini sedang giat-giatnya memajukan dunia pariwisata. Karena itu, orang Mentawai harus ada yang menjadi pengusaha, ungkap Yudas.(Adv)