Kabupaten dan Kota di Sumbar Diminta Bisa Tiru Padang, Kenapa?

"Semua kabupaten dan kota harus bisa berinovasi dalam meningkatkan pertumbuhan pariwisata"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meminta kabupaten dan kota lain yang ada di daerah itu bisa meniru Kota Padang, sebagai ibukota Provinsi.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Menurut dia, semua kabupaten dan kota harus bisa berinovasi dalam meningkatkan pertumbuhan pariwisata.

Inovasi itu dilakukan untuk memberikan pelayanan prima di sisi pariwisata, pasalnya hal itu sangat berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan.

Contoh inovasi yang dilakukan Padang adalah dengan adanya layanan bus pariwisata gratis yang bisa digunakan untuk mengunjungi objek wisata di kota itu.

Layanan bus tersebut telah mulai dioperasikan sejak awal bulan Maret 2018 lalu. Bagi Nasrul Abit, langkah serupa harus dilakukan juga di kabupaten dan kota lainnya.

"Dalam mengembangkan pariwisata harus banyak berinovasi dan memberikan kemudahan sehingga pengunjung semakin tertarik untuk berwisata ke daerah kita. Daerah lain harus mengikuti langkah itu," katanya.

Menurutnya, ada beberapa daerah yang bisa memberikan layanan serupa, yakni seperti Kota Bukittinggi dan Pariaman.

Apalagi, kata wagub, kedepan trend pariwisata semakin meningkat ditambah lagi dengan adanya penambahan daya tampung Bandara Internasional Minangkabau (BIM) semakin meningkat.

Jadi, jangan sampai kunjungan wisatawan hanya dinikmati Kota Padang dan Bukittinggi saja.

"Kami inginnya daerah lain juga menikmati kunjungan wisata yang cukup banyak, " tuturnya.

Namun, juga harus dibarengi dengan pembenahan - pembenahan objek wisata sehingga menjadi daya tarik bagi pengunjung dan mereka betul-betul nyaman berada di destinasi wisata.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi saat dihubungi KLIKPOSITIF menjelaskan, Bus gratis yang disediakan beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu dengan rute dan jadwal yang sudah ditetapkan.

"Jadwal keberangkatan bus city tour Padang ... Baca halaman selanjutnya