Pembangunan Menara Masjid Raya Sumbar Telah Rampung

"Selanjutnya akan dianggarkan lebih kurang Rp3-4 miliar untuk proses finishing menara"
Menara Masjid Raya Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Realisasi pembangunan Menara Masjid Raya Sumbar telah rampung. Selanjutnya akan dianggarkan lebih kurang Rp3-4 miliar untuk proses finishing menara, yang tidak termasuk dalam pekerjaan pada kontrak sebelumnya.

Anggaran itu akan digunakan untuk membangun bagian dalam menara seperti tangga yang masih cor, akan dikeramik. Landskap di bawah juga akan dibuat gazeboo, taman, pohon pelindung, dan lain-lain. Termasuk penerangan yang akan dibuat seindah mungkin.

Hal itu dijelaskan Kepala Bidang Bina Mental-Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar Karimis, yang bertindak selaku Petugas Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dalam pembangunan menara masjid setinggi 85 meter dan menelan anggaran total senilai Rp17,69 miliar tersebut.

Untuk finishing sendiri, Pemprov Sumbar berencana kembali mengajukan penganggaran senilai Rp3-4 miliar lewat APBD Perubahan 2018. Sebab, terdapat beberapa pekerjaan tersisa yang tidak masuk ke dalam kontrak dengan PTMarlancho.

Setelah pekerjaan rampung 100 persen, lanjutnya, tim PHO dari Biro Aset Setdaprov Sumbar selaku penerima hasil pekerjaan pertama akan turun pada Hari Sabtu. Kemudian, sesuai jadwal yang telah diterima Biro Bina Mental dan Kesra, tim pemeriksa eksternal dari BPK RI Wilayah Sumbar akan melakukan pemeriksaan.

“Sejauh ini, selama pengerjaan proyek berjalan, BPK sudah turun mengecek sebanyak tiga kali. Alhamdulillah selama pemeriksaan tidak ada temuan,” katanya.

Dilanjutkannya, dalam realisasi kontraktor didenda setengah miliar  karena karena pengerjaan tidak tepat waktu. PT Marlancho selaku kontraktor pelaksana pekerjaan, telah dikenai denda akibat keterlambatan menyelesaikan pekerjaan yang semula ditarget selesai sebelum akhir 2017 lalu. Untuk itu, diberikan adendum dengan dasar hukum Pergub Nomor 93 Tahun 2017 tentang perpanjangan waktu bila pekerjaan tidak selesai hingga akhir ... Baca halaman selanjutnya