Pernah Jadi Pusat Pendidikan Bagi Transmigran di Pasbar, Sekolah Ini Terlupakan

"Atap dan dinding sekolah itu mengalami rusak parah hampir di semua bagian"
Kondisi sekolah yang ditinggalkan di Pasbar. (KLIKPOSITIF/Buyung Fajri)

Kondisi bangunan bekas Sekolah Dasar (SD) di Jorong Trans Bukik Malintang, Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aua Pasbar-Sumbar sangat memprihatinkan. Meski tidak digunakan lagi sebagai sekolah, kondisi SD ini mengkhawatirkan dan nyaris roboh.

BUYUNG FAJRI - PASAMAN BARAT

Kondisi di sekolah itu memang terlihat kontras saat KLIKPOSITIF mendatangi lokasi tersebut. Bangunan sekolah terlihat tidak terurus dan terawat. Bahkan, atap dan dinding sekolah itu mengalami rusak parah hampir di semua bagian.

Kepala UPTD Kecamatan Sungai Aur, Pahmi mengatakan, bangunan sekolah yang berada di pinggir jalan trans Bukit Malintang tersebut dahulunya merupakan tempat belajar anak-anak tranmigrasi. Gedung sekolah itu sendiri dibangun bertahap dalam rentang waktu tahun 1991 hingga 1995.

Disebut Pahmi, awalnya sekolah itu hanya satu ruangan belajar saja dan menjadi sekolah filial dari SDN 20 Bukik Pakubuan Sopo Bowok (sekarang SD N 12 Sungai Aur). Gedung sekolah tersebut pernah aktif mulai tahun 1991 hingga 1995 dengan kapasitas untuk siswa kelas 1 hingga kelas 4 saja.

Namun, karena ada pembangunan kawasan daerah trans Bukit Malintang rentang tahun 1995, terjadilah perpindahan warga ke kawasan tersebut dan aktifitas sekolah pun dialihkan ke SDN 19 Sungai Aur yang dibangun pada tahun 1997.

Menurutnya, akibat perpindahan tersebut, sekolah akhirnya tidak beroperasi lagi. Bangunan lama yang terdiri dari lima ruangan kelas belajar itu ditinggalkan dalam kondisi memprihatinkan. Terlihat atap sekolah rusak, dinding roboh, pintu dan jendela rusak berat dan tinggal puing puingnya saja.

Sementara itu, luas areal bangunan sekolah diperkirakan sekitar setengah hektar dan masih tercatat sebagai aset sekolah induk. Hanya saja, bangunan gedung tidak terawat dan terurus. Hingga kini, bangunan sekolah itu seperti bangunan mati.

Sementara itu, seorang warga yang tinggal di sekitar bangunan sekolah tersebut, ... Baca halaman selanjutnya