Angka Konsumsi Ikan di Sawahlunto Masih Rendah

"Data tahun 2017, konsumsi ikan warga Kota Sawahlunto 19,1 kilogram per orang setiap tahunnya"
ilustrasi gemar makan ikan (shutterstocks)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Masih rendahnya tingkat konsumsi ikan di Kota Sawahlunto dibandingkan target konsumsi Nasional membuat Dinas Perikanan Kota Sawahlunto terus mengkampanyekan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan.

Data tahun 2017, konsumsi ikan warga Kota Sawahlunto 19,1 kilogram per orang setiap tahunnya masih jauh dari target Nasional 48 kilogram perorang setiap tahunnya.

"Jadi itu yang kita terus upayakan peningkatannya," kata Kepala Dinas Perikanan Kota Sawahlunto Hilmed di Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto saat peringatan Hari Makan Ikan Kota Sawahlunto, Kamis 5 April 2018.

Saat ini, upaya yang dilakukan Dinas Perikanan dalam bentuk pembagian benih ikan secara gratis kepada warga yang mempunyai kolam dan di perairan umum seperti sungai-sungai yang ada di Sawahlunto.

"Upaya yang kita lakukan saat ini membagikan benih gratis kepada warga dan pelepasan benih di sungai-sungai. Tahun 2017 lalu, 350 ribu benih ikan dibagikan sementara tahun ini targetnya 450 ribu benih ikan yang akan dibagikan," tambahnya.

Selama 2017 Dinas Perikanan melakukan rehab kolam warga dan pemberian induk ikan yang dananya diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017. Dikatakannya, selain pembagian benih ikan, Dinas Perikanan menggelar lomba memasak ikan di kalangan siswa tingkat menengah atas.

"Target kita mengkampanyekan dikalangan generasi muda untuk gemar makan ikan dan juga menjadi program yang masih dipertahankan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan adalah program nasional memasak serba ikan dan inovasi berbahan ikan," ungkapnya.

[Muhammad Haikal]