Diserang Penyakit Aneh, Puluhan Sapi Ternak di Pesisir Selatan Mati Mendadak

"Sebelum mati, sapi-sapi tersebut menderita sakit"
Ilustrasi peternakan sapi (Agribisnis.co.id)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Peternak sapi di Kecamatan Linggo Sari Baganti mengalami kejadian aneh, sebanyak 20 ekor sapi ternakan milik peternak di lokasi itu diketahui mati mendadak.

Hal ini sudah terjadi dalam satu bulan ini, Ketua Pemuda Pasar Bukit, Kecamatan Linggosari Baganti, Feri mengatakan, sebelum mati, sapi-sapi tersebut menderita sakit.

Sakit yang diderita sapi ternakan tersebut memiliki dampak seperti pendarahan di hidung serta seluruh kuku sapi mengeluarkan darah.

"Jika sudah demikian, peternak menyebut sapi mereka mati dalam waktu dua hari," katanya pada KLIKPOSITIF.

Peternak menurut Feri, tidak mengetahui jenis penyakit yang menyerang sapi mereka. Setidaknya ia mencatat, sudah 20 ekor sapi yang mengalami kejadian serupa.

Terkait dengan itu, warga sudah melaporkan kejadian tersebut pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pesisir Selatan.

Demi melanjutkan laporan tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan penelitian ke lokasi peternakan.

"Hari ini petugas kami sudah turun ke lapangan untuk memeriksa kondisi yang sebenarnya bersama pihak kecamatan," sebut dia.

Lantas untuk mengungkap penyakit yang menyerang sapi ternak tersebut, Hazrita menyebutkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Penelitian Penyakit Veteriner Bukittinggi.

"Jadi secepatnya akan kita ketahui apa penyakitnya," pungkasnya kemudian.

[Kiki Julnasri Priatama]