Dapil dan Kursi DPRD Pasaman Berubah Untuk Pemilu 2019

"pergeseran nomor Dapil tersebut saat ini mengikuti arah jarum jam, sedangkan pemilu sebelumnya mengikuti alur jalan"
ilustrasi (net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Pasaman pada Pemilihan Umum Tahun 2019 mendatang terjadi perubahan dan pergeseran. Namun jumlah kursi masih 35 kursi dengan lima daerah pemilihan.

"Memang benar, terjadi pergeseran nomor Dapil di Pasaman berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 266/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 ada tanggal 4 April 2018" kata Komisioner KPU Pasaman, Rodi Andermi ketika dikonfirmasi KLIKPOSITIF, Sabtu 7 April 2018.

Menurutnya, pergeseran nomor Dapil tersebut saat ini mengikuti arah jarum jam, sedangkan pemilu sebelumnya mengikuti alur jalan. Sesuai dengan keputusan KPU RI tersebut Dapil 1 meliputi Kecamatan Lubuk Sikaping dengan lima kursi. Dapil 2 meliputi Kecamatan Dua Koto dan Panti dengan 8 kursi.

Kemudian Dapil 3 meliputi Kecamatan Rao, Rao Utara dan Mapattunggul dengan jumlah 6 kursi. Dapil 4 meliputi Kecamatan Padang Gelugur dan Rao Selatan, Kecamatan Mapattunggul Selatan, dengan jumlah 8 kursi. Dan Dapil 5 meliputi Kecamatan Tigo Nagari, Simpang Alahan Mati dan Bonjol dengan 8 kursi.

"Pemilu 2014 silam, Dapil 1 tersebut meliputi Kecamatan Bonjol, Simpati dan Tigo Nagari dengan 8 kursi. Dapil 2 meliputi Kecamatan Lubuk Sikaping dengan 6 kursi. Dapil 3 meliputi Kecamatan Dua Koto, Panti dengan 8 kursi, Dapil 4 meliputi Kecamatan Padang Gelugur, Mapattunggul Selatan, Rao Selatan dengan 7 kursi, dan Dapil 5 meliputi Rao, Rao Utara dan Mapattunggul dengan 6 kursi" ujar Rodi Andermi.

Dijelaskannya, pergeseran alokasi kursi tersebut terjadi pada Dapil 1 meliputi Kecamatan Lubuk Sikaping, pemilu sebelumnya kuota kursinya 6 kini berkurang menjadi 5 kursi. Dan bergeser ke Dapil 4 menjadi 8 kursi sebelumnya hanya 7 kursi.

"Terjadinya pergeseran kursi dari Dapil 1 ke Dapil 4 karena dipengaruhi jumlah penduduk. Sehingga ada yang berkurang dan ada yang bertambah. Kemudian dengan terjadinya perubahan nomor Dapil ini kita akan melakukan sosialisasi kepada ... Baca halaman selanjutnya