Pemprov Sumbar Siapkan Tanah 5 Hektare untuk Pembangunan Lapas Mentawai

"Di lahan tersebut nantinya akan dibangun Kantor Kejaksaan dan pengadilan tinggi"
Potret pulau terluar Mentawai, lokasi yang dianggap cocok untuk dijadikan sebagai area pembangunan lapas (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera menyiapkan lahan seluas lima hektare di Tuapejat yang akan digunakan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) untuk membangun Lapas (lembaga permasyarakatan) dengan kasus besar seperti narkoba.

"Kami akan mengadakan pertemuan dengan Pemkab Mentawai membahas pembebasan lahan tersebut. Kami siapkan di Tuapejat," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul kepada KLIKPOSITIF  Minggu, 8 April 2018.

Ia menjelaskan, di lahan tersebut nantinya akan dibangun Kantor Kejaksaan dan pengadilan tinggi.

Awalnya ada rencana untuk membangun kantor Kejaksaan, Pengadilan terpisah dari Lapas,  namun mengingat jarak serta biaya yang akan dikeluarkan maka perkantoran dan Lapas dibangun dalam satu lokasi saja.

"Awalnya memang ada rencana begitu. Tapi kita tahu sendiri akses di Mentawai, jika dibangun terpisah akan memakan biaya yang sangat besar," sebut Nasrul.

Sebelumnya saat berkunjung ke Sumbar 
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan, pembangunan Lapas di pulau terluar, terpencil perlu dimatangkan.

Saat itu Yasonna menawarkan kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit untuk dibangun di Sumbar. Bak gayung bersambut tawaran itu diterima Wagub dan akan menyiapkan lahan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

[Joni Abdul Kasir]