Akhir Bulan Ini Gubernur Sumbar akan ke Jepang

"Gubernur akan berkunjung ke Jepang untuk membalas investasi perikanan, kelautan dan energi baru terbarukan"
Gubernur Sumbar, irwan Prayitno. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Penanaman Modal (DPM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Sumbar, Maswar Dedi menyebutkan, akhir bulan April ini Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akan melakukan kunjungan keluar negeri dalam misi investasi dan promosi wisata.

Kali ini, kata Dedi, Gubernur akan berkunjung ke Jepang untuk membalas investasi perikanan, kelautan dan energi baru terbarukan. "Insha Allah akhirnya bulan ini kami akan ke Jepang dalam misi investasi dan promosi wisata juga," ungkapnya, Selasa 10 April 2018 di Padang.

Menurutnya, investor Jepang cukup banyak berinvestasi di Indonesia, untuk itu peluang untuk Sumbar terbuka lebar. Maka, strategi jemput bola sangat efektif dilakukan agar mereka yang belum berinvestasi di Sumbar juga mengetahui peluang bisnis yang ada di Sumbar.

Dijelaskannya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat tahun 2018 ini menargetkan Rp8,3 triliun untuk investasi Sumbar. Pencapaian tersebut akan terlihat di akhir tahun. Diulas Dedi, sesuai dengan segmen Gubernur, APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota hanya stimulan saja, dana besar itu berada di Investasi.

"Apalagi, target tahun lalu Rp4,1 triliun tercapai. Untuk investasi lokal, sedikit mengalami penurunan, sementara di Penanaman Modal Asing atau (PMA) meningkat tajam hampir 400 persen. Maka, perjalanan luar negeri perlu dilakukan," jelasnya.

Untuk itu, perlu pemahaman semua pihak terkait Investasi, terutama masyarakat yang berada di sekitar objek investasi. Sebab, di Sumbar ada beberapa proyek besar dalam masa konstruksi saat ini. Seperti, geothermal di Kabupaten Solok dan di Sawahlunto.

"Kami berharap masyarakat memberikan kemudahan dalam proses pembebasan lahan dan izin-izin yang berkaitan dengan mereka," harapnya.

Ditambahkannya, perjalanan ke luar negeri yang dilakukan Pemprov Sumbar selalu di update lewat akun Gubernur sehingga masyarakat tahu apa yang dilakukan tim di luar negeri.

Sementara ... Baca halaman selanjutnya