300 Pelajar Bersaing Jadi Paskibra Tingkat Provinsi Sumbar

"300 orang akan disusutkan menjadi 22 orang yang akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Sumbar, untuk lolos sebanyak empat orang"
Seleksi paskibra tingkat Sumbar (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 300 pasukan pengibar bendera (paskibra) utusan SMA se Kota Padang, mengikuti seleksi untuk lolos menjadi pengibar bendera HUT RI ke 74, 17 Agustus 2018 tingkat provinsi Sumatera Barat.

Seleksi dilakukan pada Selasa 10 April 2018, di parkir GOR H Agus Salim.

Kasi Peningkatan Kompetensi Pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Sesriyokta menyebut seleksi digelar selama lima hari ke depan.

Selanjutnya, 300 orang akan disusutkan menjadi 22 orang yang akan mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Sumbar, untuk lolos sebanyak empat orang.

"Dari sini susut menjadi 22 orang, masing masing 11 untuk putra dan putri. Seleksi nasional mengambil dua orang tiap provinsi," ungkap Sesriyokta.

Selain kemampuan baris berbaris, seleksi juga mengedepankan syarat kesehatan fisik, standar tinggi dan berat badan, kemampuan akademis dan Bahasa Inggris.

Sesriyokta menegaskan, tidak akan menerima rekomendasi ataupun intimidasi dari pihak manapun dalam melakukan seleksi.

"Kalau dulu memang terjadi. Tiga tahun belakangan tidak lagi. Contohnya dua tahun yang lalu, ada salah satu pejabat di Sumbar yang merekomendasikan, namun karena tidak sesuai kriteria, maka tidak dapat lolos," tegasnya. (Cecep Jambak)