Menusuk Bunga Bangkai Adalah Pengrusakan, Begini Penjelasannya

"Dalam video tampak si turis menusuk bagian kelopak bunga dengan kayu"
Bunga Bangkai tumbuh di Palupuah, Agam (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF --

Beberapa waktu lalu, publik Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi dihebohkan dengan sebuah video aksi turis asing yang menusuk kelopak Bunga Bangkai yang mekar di kawasan Palupuah, Agam.

Dalam video tampak si turis menusuk bagian kelopak bunga dengan kayu. Aksi turis tersebut lantas mendapat kecaman dari banyak pihak.

Namun berdasarkan keterangan dari pemandu wisata, Joni Hartono, aksi turis tersebut adalah untuk mempercepat penyerbukan Bunga Bangkai agar serangga bisa menyebarkan benih dari bunga tersebut ke tempat lain.

Baca Juga:
Pemandu Wisata Bantah Turis Asing Rusak Bunga Bangkai di Agam
Baru Mekar, Bunga Bangkai di Palupuah Sudah Dirusak Turis Asing
Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Palupuah Agam

Tanggapan dari Joni kemudian dibantah oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar. Menurut Kepala Seksi Wilayah I BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan aksi tersebut justru murni pengrusakan.

"Aksi turis itu tidak benar. Semestinya pemandu wisata tidak mengizinkan tamunya melakukan hal tersebut," katanya pada KLIKPOSITIF.

Karena memang bagi dirinya, penyerbukan Bunga Bangkai hanya bisa dilakukan oleh serangga yang kemudian dibantu oleh angin. "Penyerbukan dilakukan oleh serangga dan anginm," ujar Khairi.

Di sisi lain, Joni mengaminkan aksi tamunya, karena memang turis tersebut adalah seorang ahli Botani dari Singapura.

Penyerbukan Bunga Bangkai

Dari kejadian dugaan pengrusakan tersebut, ... Baca halaman selanjutnya