Tinjau Bangunan RSUD, Ini Komentar Pansus DPRD Pessel

"Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan diminta untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas"
Peninjauan ke lokasi bangunan RSUD Painan (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Painan yang dihentikan sejak 2016 lalu dinilai bisa merugikan daerah yang sudah terlanjur melakukan pembangunan dengan menelan biaya yang besar.

Panitia Khusus (Pansus) II LKPJ 2017 meminta Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk mengambil sikap yang jelas soal pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan tersebut.

Wakil Ketua Pansus, Syafril Saputra menyebut, terbangkalaianya pembangunan RSUD jangan sampai menimbulkan banyak persoalan, apalagi bisa merugikan daerah. Sebab, hingga kini tidak ada ketegasan dari bupati ke mana pembangunan gedung baru itu akan dibawa.

"Kalau ada kerugian keuangan daerah, itu sama saja merugikan masyarakat," sebut Syafril Saputra saat kunjungan Pansus II DPRD, didampingi Sekretaris Pansus, Benny Jovial serta anggota Pansus, Awarisman Letok dan Pardis ke lokasi pembangunan gedung baru rumah sakit di kawasan Kabun Taranak-Painan, Kamis 12 April 2018.

Dia menjelaskan, pembangunan gedung baru RSUD M. Zein yang didanai dari pinjaman Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) senilai Rp99 miliar, yang dilakukan merupakan hutang daerah.

"Dari dana tersebut, Rp96 miliar dipatok untuk pembangunan fisik. Sedangkan sisanya yang sebesar Rp3 miliar untuk pengadaan peralatan medis, namun hasil tidak ada dan tidak jelas," terangnya.

Ia mengatakan, sesuai rencana proyek yang dimulai dibangun pada 2014 itu bakal rampung di awal 2017. Namun, pada 2016, Bupati Hendrajoni menghentikan pembangunan, dengan alasan tidak memiliki dokumen Amdal.

"Nah, jika memang dihentikan, harus jelas alasannya. Kemudian, bupati juga harus mencabut Perda pendiriannya," terang politisi Partai Golkar itu.

Dari pembahasan, Pansus melihat tidak ada alasan yang jelas dan tegas terkait penghentian proyek pembangunan RSUD tersebut. Menurut Sekretaris Pansus, Benny Jovial, ... Baca halaman selanjutnya