Wagub Sumbar Ungkap Tips Memilih Durian

"Ada beberapa daerah yang menjadi penghasil durian di Pessel"
Wagub Sumbar memperlihatkan durian Pessel (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF --  Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyempatkan singgah ke salah satu lapak durian di Kenagarian Barung-Barung Belantai Kecamatan Koto XI Tarusan, Pessel Selatan, tepatnya di pinggir jalan tempat masyarakat menjual durian dari kebun mereka.

Nasrul Abit, membeberkan beberapa trik untuk memilih durian dengan kualitas dan rasa enak. Pertama, pastikan durian jatuh pada saatnya alias masak di batang, bukan diperam. Durian masak yang jatuh dari batang bisa ditercium dari baunya yang menyengat.

Selanjutnya jika bau kurang tercium bisa digunakan cara dengan menutup buah durian dengan kain lalu dicium, jika dengan cara itu tidak muncul juga bau bisa dipastikan durian tidak masak utuh.

"Itu tipsnya, tapi durian di Pessel semuanya jatuh dari batang, tidak ada yang dipanjat, rasanya juga beda. Lamak Peso e kecek urang Pasisie (enak rasanya kata orang Pessel)," ungkapnya disela-sela kunjungan peninjauan hari terakhir Ujian Nasional  SMA dan MA di Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis 12 April 2018.

Sementara untuk memilih agar mendapat durian dengan kualitas bagus ujar Wagub, biasanya orang akan memilih durian Kunyit dan durian Kambuik. Dengan ciri duri tajam dan isi kuning menyerupai kunyit.

"Rata-rata durian dari Pessel enak, tapi yang menonjol durian kunyit," ungkap mantan bupati Pesisir Selatan itu.

Menurutnya, buah durian menjadi nilai plus untuk Pessel, karena bisa menjadi oleh-oleh untuk wisata yang berkunjung. Mereka yang pulang dari pantai Carocok dan Mandeh bisa bawa oleh-oleh durian dari Barung-Barung Belantai.

"Ini akan berdampak kepada perekonomian masyarakat setempat dan pemantik minat wisatawan," katanya.

Sementara Irma, pedagang durian di Barung-Barung Belantai mengatakan, durian daerahnya sangat diminati para pengunjung. Mereka datang dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumbar. Bahkan dari luar daerah seperti Riau dan ... Baca halaman selanjutnya