Tanggulangi Hama Tanaman, Warga Salido Pessel Berburu Tupai

"Banyaknya Tupai sering dikeluhkan warga"
Tupai hasil buruan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Batu Hampar Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pessel merupakan salah satu daerah penghasil kelapa, kakao atau pohon coklat serta penghasil buah rambutan terbanyak di Pesisir Selatan. Selain itu, keberadaan hasil tanaman tersebut juga menjadi salah satu penopang perekonomian warga dalam mencari nafkah.

Namun sayangnya belakangan ini banyak sekali bermunculan tupai yang merusak hasil tanaman warga, sehingga membuat warga setempat sepakat untuk berburu tupai.

Tak hanya warga, tapi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0311 pesisir Selatan ikut serta untuk berburu hama Tupai dalam membantu warga menanggulangi hama tanaman di kawasan kebun warga di kawasan Batu Hampar Salido.

"Banyaknya Tupai sering dikeluhkan warga. Jadi dengan kegiatan berburu ini, setidaknya hama yang merusak tanaman petani bisa berkurang," sebut Serka Afridal, Babinsa dari Koramil 03 IV Jurai, Kodim 0311 Pessel, Jumat 13 April 2018.

Menurutnya, selain terjun langsung dan berburu hama Tupai, pihaknya juga ikut melakukan penyuluhan bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) kepada warga dalam menanggulangi hama tupai.

"Penanggulangan hama bisa di lakukan dengan cara menembak tupai menggunakan senapan angin, dan juga bisa dilakukan dengan cara tradisional, tapi intinya tupai bisa lari dari kebun," terangnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya penanggulangan tupai tersebut petani bisa terbantu dalam mengelola kebun. Sebab, kebun salah satu penopang kebutuhan masyarakat dalam berekonomi.

"Semoga dengan kegiatan ini para petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal," pungkasnya.

Kegiatan berburu hama Tupai ini dilakukan Babinsa di Batu Hama Nagari Salido menjelang waktu salat Jumat. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan pupuk kepada masing-masing kelompok tani (Poktan). 

[Kiki Julnasri]