Festival Langkisau 2018 Sepi, Pedagang Mengeluh

"acara tahunan pemerintah daerah ini tetap berjalan lancar, tapi tidak terhadap para pedagang di acara tersebut"
Pedagang di areal Festival Langkisau 2018 mengeluh sepinya pelanggan. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pelaksanaan Festival Langkisau 2018 yang digelar Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam memperingati hari jadi Pesisir Selatan ke-70 di Pantai Carocok Painan belum berdampak ekonomis terhadap penjualan yang dilakukan para pegadang.

Pengamatan KLIKPOSITIF pada Senin 16 April 2018, sejak dibuka Minggu 15 April 2018 lalu, Festival Langkisau yang disuguhkan pameran daerah dan kreasi lomba tampak diguyur hujan. Meski demikian, acara tahunan pemerintah daerah ini tetap berjalan lancar, tapi tidak terhadap para pedagang di acara tersebut.

Martias (41), salah seorang pedagang baju di lokasi tersebut mengaku, sejak Festival Langkisau dibuka Minggu kemarin, efek terhadap para pedagang belum terlihat. Bahkan, dua hari Festival Langkisau tersebut berjalan hanya satu dan dua baju yang laku terjual.

"Belum ada yang terjual, hanya Rp175 ribu yang baru jadi uang. Sebab, dari hari kemarin, Festival Langkisau hanya ramai dengan acara dan pengunjung yang membeli kurang," sebutnya saat ditemui KLIKPOSITIF di lapak dagangannya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Arif menanggapi, penyelenggaraan Festival Langkisau pada hari kedua di tahun ini memang tampak sepi. Menurutnya, semarak Festival Langkisau yang digadangkan pemerintah daerah hanya diramaikan oleh stand-stand pengisi acara dan saat puncak pembukaan dilaksanakan.

"Puncaknya ramai acara hanya terlihat pada Minggu itu saja. Untuk hari kedua (Senin 16 April 2018) sudah lengang. Pengunjung hanya terlihat satu dan dua rombongan saja dan setelah itu pergi lagi," ulasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]