Harimau Koto Rantang Akhirnya Dievakusi ke Dharmasraya

"Hewan yang dipastikan berjenis kelamin betina tersebut dievakusi menuju Dharmasraya sekitar pukul 11.00 WIB"
Evakuasi harimau Sumatera dari Agam ke Dharmasraya. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Seekor harimau Sumatera yang tertangkap pada Sabtu 14 April 2018 akhirnya dievakuasi pada Selasa 17 April 2018. Hewan yang dipastikan berjenis kelamin betina tersebut dievakusi menuju Dharmasraya sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah I Sumatera Barat, Khairi Ramadhan mengatakan, hewan ini dievakuasi karena sudah tiga hari terperangkap. Disamping itu, BKSDA menilai kondisi terkini cukup kondusif karena sejak tadi malam sudah tak terpantau lagi harimau lain berkeliaran di sekitar perangkap lewat pantauan jejak maupun kamera trap.

"Kondisinya cukup bagus, nanti akan direhabilitasi di Dharmasraya sebelum dilepasliarkan di salah satu hutan di Sumatera Barat," ucap Khairi.

Sebelum dievakuasi menggunakan mobil double cabin, harimau yang diperkirakan mempunyai bobot sekitar 60 kilogram dan berusia dua tahun itu terlebih dahulu diberi suntikan penenang, tapi bukan merupakan bius agar perilakunya tak agresif selama menempuh perjalanan darat.

Selama proses evakuasi, situasi berjalan lancar. Petugas menutup kerangkeng menggunakan triplek dan kemudian kerangkeng itu digotong secara bersama-sama.

Sebelumnya, BKSDA menunda evakuasi satwa ini sebab diperkirakan masih ada dua harimau yang masih berkeliaran sehingga BKSDA memasang perangkap lainnya untuk memancing harimau lain mendekat.

"Kita perkirakan semuanya ada tiga ekor, satu baru yang kena. Perangkap lainnya masih kita tinggal selama beberapa hari ke depan dan tetap dipantau intens," pungkasnya.

[Hatta Rizal]