Pengguna Gugat Facebook karena Fitur Pengenalan Wajah

"Facebook harus menghadapi gugatan yang menyatakan bahwa jaringan sosial itu secara tidak sah menggunakan proses pengenalan wajah pada foto tanpa izin pengguna."
Fitur pengenalan wajah di Facebook. (Facebook.)

KLIKPOSITIF - Masalah pelanggaran privasi Facebook terus berlanjut saat perusahaan itu dituntut atas penggunaan sistem pengenalan wajah. Kasus ini telah digugat oleh pengguna Facebook di negara bagian Illinois AS yang mengatakan sistem tersebut melanggar undang-undang privasi tentang penggunaan data biometrik.

Seorang hakim federal memutuskan pada hari Senin bahwa Facebook harus menghadapi gugatan yang menyatakan bahwa jaringan sosial itu secara tidak sah menggunakan proses pengenalan wajah pada foto tanpa izin pengguna.

Masalah ini muncul di tengah meningkatnya kritik terhadap Facebook dalam beberapa pekan terakhir sejak muncul bahwa informasi pribadi jutaan pengguna disalahgunakan oleh konsultan politik Cambridge Analytica.

Facebook mengatakan sedang meninjau putusan itu.

"Kami terus percaya bahwa kasus itu tidak memiliki kebaikan dan akan membela diri dengan penuh semangat," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Pengacara untuk para penggugat yang membawa kasus ini tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Facebook pada 2015 meluncurkan "Saran Tag," sebuah fitur yang menyarankan orang-orang untuk menandai orang lain setelah pengguna Facebook mengunggah foto.