Tahun Ini Pemprov Salurkan Bantuan untuk 407 Mesjid di Sumbar

"Dari jumlah itu sebanyak 147 Masjid akan disalurkan melalui kegiatan Safari Ramadan"
Mesjid Raya Sumbar (KLIKPOSITIF/Zulkifli)

PADANG, KLIKPOSITIF-Kepala Bidang Bina Mental-Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar Karimis mengatakan tahun ini sebanyak 407 Masjid di Sumbar mendapat bantuan dari pemerintah. Dari jumlah tersebut, 324 mesjid mendapat bantuan dari APBD induk, selebihnya akan dibebankan pada APBD Perubahan.

Dari jumlah itu sebanyak 147 Masjid akan disalurkan melalui kegiatan Safari Ramadan yang terdiri dari beberapa tim.

“Hanya beberapa masjid yang bisa dikunjungi tim safari, selebihnya bantuan akan diserahkan langsung kepada pengurus. Intinya, ada masjid yang tidak dikunjungi tapi tetap dapat bantuan,” tutur Karimis, Selasa, 17 April 2018.

jumlah bantuan yang diberikan saat safari tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni Rp 20 juta dan tiga gulung tikar untuk shalat.

“Saat ini kami sedang susun tim kunjungan, paling lambat minggu ini sudah terbit jadwal tim safari,” ujarnya.

Karimis menyampaikan pengurus sebaiknya mengikuti prosedur yang telah ditetapkan agar tidak ada kendala dalam penyetoran bantuan. Contohnya memperbaiki dan menyediakan rekening masjid dengan ketentuan tidak atas nama pribadi tapi atas nama masjid.

Selanjutnya, memperbaiki administrasi masjid, seperti nama masjid harus sesuai dengan proposal dan terdaftar di KAU dan harus sama dengan nama direkening.

“Jika tidak, pihak bank tidak mau menyetor. Contohnya, Masjid Nurul Huda, sementara dalam proposal Masjid Jamiq Nurul Huda. Itu harus diperhatikan betul oleh pengurus,” ucap Karimis.

Joni Abdul Kasir