BPS Sawahlunto Ukur Potensi Investasi dengan Sosialisasi Disagregasi

"salah satu dari 10 prioritas Nasional adalah pengembangan dunia usaha dan pariwisata"
Penyusunan Disagregasi PMTB dan Podes 2018 di Sawahlunto oleh BPS. (istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sawahlunto menyelenggarakan sosialisasi kegiatan penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) dan Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan BPS secara Nasional. Guna memastikan dan melengkapi ketersediaan data PMTB yang telah di-disagregasi, BPS Kota Sawahlunto melakukan pendataan (survei) pada 1 April sampai 31 Mei 2018 ini.

"Untuk April - Mei itu, pendataan untuk sampel rumah tangga, Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) dan perangkat/instansi daerah," sebut Kepala BPS Sawahlunto, Hendro Seprita Deza, di Hotel Ombilin, Jalan Ahmad Yani, Kota Sawahlunto, Selasa 17 April 2018.

Ditambahkan Hendro, pendataan juga dilakukan untuk sampel perusahaan. "Pendataan pada perusahaan dilaksanakan pada 1 Mei sampai 30 Juni 2018," tambahnya.

Sementara itu, Pjs Walikota Sawahlunto, Abdul Gafar melalui Asisten Bidang Administrasi Pembangunan, Asril mengatakan, salah satu dari 10 prioritas Nasional adalah pengembangan dunia usaha dan pariwisata. Dengan program diantaranya adalah pengembangan daerah wisata, industri, kawasan khusus ekonomi dan peningkatan ekspor.

“Pemko Sawahlunto mendukung penuh BPS dan siap berkoordinasi. Data BPS sangat bermanfaat karena kunci dan dasar penting untuk menyukseskan 10 prioritas Nasional," katanya.

Dia mengatakan, banyak komponen yang digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi dari perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) diantaranya adalah besaran PMTB.

“Tahun 2018 BPS Kota Sawahlunto akan mengadakan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB, akan mendata institusi baik dalam skala rumah tangga, lembaga non profit perusahaan dan lembaga pemerintah,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa PMTB diperlukan untuk melihat pelaku ekonomi yang melakukan investasi, investasi yang dilakukan oleh perusahaan industri serta nilai ... Baca halaman selanjutnya