Satpol PP Diminta Ikut Amankan Pilkada Serentak di Sumbar

"Wagub meminta Satpol PP melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan"
Wagub Sumbar Nasrul Abit (Istimewa)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubenur Sumatera Barat Nasrul Abit meminta seluruh jajaran dan anggota Satuan Polisi Pamong Praja ikut dan aktif dalam menjaga keamanan serta kelancaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang berlangsung di Sumbar. Ada empat daerah yang melakukan Pilkada di Sumbar yakni Kota Padang, Sawahlunto, Pariaman dan Padang Panjang.

"Terus tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta berikan dukungan untuk kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018 ini," pinta Nasrul Abit saat Apel Siaga Satpol PP,  Satlinmas dan Damkar di Lapangan Cinduamato Batusangkar Tanah Datar, Selasa 17 April 2018.

Nasrul Abit memaparkan pentingnya, mengawasi tahapan Pilkada, sebab ada potensi gangguan terhadap ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat untuk menyikapi kondisi tersebut.

"Plt Kepala Daerah segera ambil inisiatif, kerahkan tenaga Satpol PP untuk membantu terselenggaranya Pilkada Badunsanak. Kemudian terus lakukan koordinasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat Pilkada, apakah itu pada tahap sebelum pemilihan, saat pemilihan dan setelah pencoblosan," tuturnya.

Terakhir, Wagub meminta Satpol PP melakukan deteksi dini  dan cegah dini terhadap potensi gangguan. Keempat anggota Satlinmas diharapkan bertugas secara maksimal membantu petugas KPPS pada saat pemungutan suara, agar berlangsung aman dan tertib.

"Kembangkan komunikasi dengan stekhorlder  termasuk dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama,  tokoh adat dalam rangka mencegah menyelesaikan potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dengam mengutamakan prinsip prinsip  kearifan lokal," tukasnya.

[Joni Abdul ... Baca halaman selanjutnya