Kegagalan Kontrol Roket Tunda Peluncuran Satelit Pencari Planet NASA

"SpaceX menghentikan hitungan mundur sedikit lebih dari dua jam"
Ilustrasi

KLIKPOSITIF - Sebuah kesalahan teknis 11 jam, SpaceX diminta menunda peluncuran dari teleskop ruang angkasa NASA baru, yang dirancang untuk mendeteksi dunia di luar tata surya kita. Hal itu menunda setidaknya 48 jam pencarian untuk memperluas astronom 'Inventaris yang diketahui dari apa yang disebut exoplanet.

SpaceX menghentikan hitungan mundur sedikit lebih dari dua jam sebelum roket Falcon 9-nya dijadwalkan membawa Satelit Survei Transit Exoplanet, atau TESS, ke orbit dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Space Exploration Technologies, sebagai layanan peluncuran swasta miliarder Elon Musk mengatakan ledakan itu digosok karena masalah yang tidak ditentukan dalam sistem kontrol panduan roket. Peluncuran dijadwalkan kembali pada pukul 18.51 EDT (2251 GMT) pada Rabu ini.

Misi TESS senilai $ 337 juta selama dua tahun dirancang membangun karya pendahulunya, teleskop luar angkasa Kepler, yang telah menemukan sebagian besar dari 3.700 exoplanet didokumentasikan selama 20 tahun terakhir dan kehabisan bahan bakar. NASA diharapkan untuk mengidentifikasi ribuan dunia yang sebelumnya tidak diketahui, mungkin ratusan dari mereka berukuran Bumi atau "Bumi super" berukuran - tidak lebih besar dari dua kali lebih besar dari planet rumah kita.

Dilansir dari laman reuters, mereka diyakini yang paling mungkin menampilkan permukaan berbatu atau lautan, dan dengan demikian dianggap sebagai kandidat terbaik untuk hidup berevolusi. Para ilmuwan mengatakan mereka berharap TESS pada akhirnya akan membantu katalog setidaknya 100 planet ekstrasurya lebih berbatu untuk studi lebih lanjut.

TESS akan berkonsentrasi pada bintang yang disebut kurcaci merah, lebih kecil, lebih dingin, dan berumur lebih panjang daripada matahari. Katai merah juga memiliki kecenderungan tinggi untuk planet-planet berukuran Bumi yang mungkin berbatu, menjadikannya tanah yang berpotensi subur untuk diteliti lebih ... Baca halaman selanjutnya