Korsel Akan Bahas Kesepakatan Damai dengan Korut Jelang KTT

"Korea Utara dan Korea Selatan sedang mempersiapkan KTT mereka sendiri"
Republik Korea (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan cara mengubah gencatan senjata puluhan tahun dengan Korea Utara menjadi perjanjian damai. Hal ini karena pejabat AS mengkonfirmasi pertemuan tingkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan pemimpin Korea Utara.

Wakil Menteri Luar Negeri AS dan Direktur CIA Mike Pompeo diketahui telah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ketika ia mengunjungi Pyongyang pada akhir Maret, untuk membahas pertemuan puncak yang direncanakan dengan Presiden AS Donald Trump.

Kunjungan Pompeo memberikan tanda terkuat tentang kesediaan Trump menjadi presiden AS pertama yang bertemu pemimpin Korea Utara.

Dilansir dari laman reuters, pada saat yang sama, saingan lama Korea Utara dan Korea Selatan sedang mempersiapkan KTT mereka sendiri, antara Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, pada tanggal 27 April, dengan upaya untuk mengakhiri secara resmi Perang Korea 1950-53 sebagai faktor utama dalam pembicaraan.

"Sebagai salah satu rencana, kami sedang mencari kemungkinan menggeser gencatan senjata semenanjung Korea ke rezim perdamaian," kata seorang pejabat tinggi Presiden Korea Selatan.

“Tapi itu bukan masalah yang bisa diselesaikan antara dua Korea saja. Diperlukan konsultasi erat dengan negara-negara terkait lainnya, serta Korea Utara, ”kata pejabat itu.