Indonesia-Australia Transport Sector Forum, Pererat Kerjasama Maritim Dua Negara

"di bidang maritim, khususnya maritime safety, kerjasama bilateral antara Indonesia dan Australia telah terjalin dengan baik sejak tahun 2008 di bawah kerangka Indonesia Transport Safety Assistance Package (ITSAP)"
Indonesia-Australia Transport Sector Forum (Net)

KLIKPOSITIF -- Indonesia melalui Kementerian Perhubungan menghadiri Pertemuan Indonesia – Australia Transport Sector Forum yang pada tahun ini diselenggarakan oleh Department of Infrastructure Regional Development and Cities Australia, guna mengevaluasi program-program kerjasama bilateral antara Indonesia dan Australia yang sudah berjalan dan membahas rencana program kerjasama mendatang.

Pada pertemuan yang diselenggarakan pada 17-18 April 2018 di Melbourne, Australia ini, Delegasi Indonesia diketuai oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo. Sedangkan delegasi Australia dipimpin oleh Dr. Kenedy, Sekretaris Jenderal Ministry of Infrastructure, Regional Development and Cities, Australia.

Turut hadir pada pertemuan dimaksud, perwakilan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang dipimpin oleh Direktur Kenavigasian, Sugeng Wibowo, bersama dengan perwakilan dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, serta Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai.

Hari pertama dari pertemuan tersebut, Delegasi Indonesia dibawa untuk melakukan kunjungan ke fasilitas Search and Rescue (SAR) yang berada di bandara Accendon, Tullamarine dan SAR Aviation Tranining di AMSA Melbourne oleh Chief Executive Officer (CEO) Australian Maritime Safety Authority (AMSA), Mr. Mick Kinsley. Pada kunjungan dimaksud, delegasi Indonesia mendapatkan penjelasan terkait penggunaan 4 pesawat pencari (search aircraft) jenis Bombardier Challenger CL-604 milik Cobham Aviation Service, yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjadi pesawat khusus pencari target korban kecelakaan di laut yang sangat membantu sebagai bagian dari poses SAR di Australia serta training-training yang dilaksanakan di bawah pengawasan AMSA.

Selanjutnya, pada rapat yang dilaksanakan pada hari kedua pertemuan, Sugeng menyampaikan, bahwa di bidang maritim, khususnya maritime safety, kerjasama bilateral antara ... Baca halaman selanjutnya