Korea Utara Akan Hentikan Uji Coba Nuklir

"dalam upaya untuk mengejar pertumbuhan ekonomi dan perdamaian di semenanjung Korea."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Korea Utara akan segera menangguhkan uji coba nuklir dan rudal efektif serta menghapuskan tempat uji coba nuklir dalam upaya untuk mengejar pertumbuhan ekonomi dan perdamaian di semenanjung Korea.

"Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan negaranya tidak lagi perlu melakukan tes nuklir atau uji coba rudal balistik antarbenua karena telah menyelesaikan tujuannya mengembangkan senjata nuklir," kata media pemerintah Korea Central News Agency (KCNA).

"Untuk menjamin penangguhan uji coba nuklir secara transparan, situs uji nuklir utara republik akan dihapuskan. Keseluruhan proyek partai dan negara akan diarahkan membangun ekonomi sosialis, dan semua upaya kami akan dilakukan untuk itu," kata KCNA setelah Kim mengadakan sidang pleno pertama tahun ini dari Komite Sentral Partai Buruh.

Dilansir dari laman reuters, Korea Utara juga mengatakan akan terlibat dalam pembicaraan dengan komunitas internasional, membuka jalan bagi KTT dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in yang direncanakan minggu depan dan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump pada akhir Mei atau awal Juni.

Trump menyambut pernyataan itu dan mengatakan dia menantikan KTT dengan Kim. “Korea Utara telah setuju menangguhkan semua Uji Coba Nuklir dan menutup situs uji besar. Ini adalah kabar baik bagi Korea Utara dan Dunia - kemajuan besar! Nantikan KTT kami, ”kata Trump di Twitter.

Korea Utara telah membela program nuklir dan rudalnya dalam menghadapi kecaman dan sanksi di seluruh dunia sebagai alat pencegah yang diperlukan terhadap permusuhan AS yang dirasakan.

Ketegangan mereda secara signifikan setelah Kim Korea Utara menyerukan pidato Tahun Baru untuk ketegangan militer yang lebih rendah dan meningkatkan hubungan dengan Korea Selatan.

Hal ini ditunjukkan dengan mengirim delegasi ke Olimpiade Musim Dingin yang diadakan di Korea Selatan dan setuju bertemu dengan Moon dan Trump untuk membahas ... Baca halaman selanjutnya