Enam Personel Damkar Terluka saat Padamkan Kebakaran Gudang Sawit dan Karet

"Tadi ada personel yang luka di bagian kaki ada juga dan kesulitan bernapas karena asap"
Salah seorang personel Damkar yang terluka dalam perawatan tim medis. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Enam personel Pemadam Kebakaran Kota Padang mengalami luka-luka dan susah bernapas saat melakukan pemadaman api saat kebakaran di Jalan Bypass Kilometer II, Kecamatan Lubuak Bagaluang, Kota Padang, Senin 23 April 2018.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Operasional Damkar Kota Padang, Basril di sela-sela pemadaman api. "Tadi ada personel yang luka di bagian kaki ada juga dan kesulitan bernapas karena asap," ujarnya.

Dia mengatakan, bahwa hal tersebut normal dan tidak akan terlalu berpengaruh terhadap personel yang dia turunkan.
"Itu tidak akan terlalu bermasalah karena orang normal pasti akan kesulitan bernapas saat menghirup udara seperti asap hitam itu," lanjutnya.

Selain itu, ada juga personelnya yang mengalami luka di bagian tangan dan kaki karena memisahkan material yang terbakar. "Tadi ada juga personel yang luka lecet bagian kaki karena panas saat menggunakan sepatu dan itu juga tidak terlalu bermasalah," sambungnya.

Dia menyebut, pihaknya tetap menjaga keselamatan personelnya meskipun keadaan sangat sulit dan pemadaman api harus terus dilakukan. "Keselamatan personel tetap yang utama dan jika ada yang luka atau sesak napas, langsung kami atasi di bagian kesehatan yang telah standby dari tadi," sambungnya.

Dia menambahkan, pemadaman api hingga pendinginan nantinya akan memakan waktu kurang lebih tiga jam lagi. "Kalau masih seperti ini, sekitar tiga jam lagi api sudah bisa dipadamkan," tutupnya.

[Halbert Caniago]