Gelombang Pasang Ancam Keselamatan Warga di Pessel

"Gelombang pasang itu mulai terjadi sejak Minggu kemarin"
Gelombang pasang yang mejangkau sekitar rumah warga (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemukiman warga di sekitaran kawasan Pantai Pinus, Nagari Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan terancam abrasi akibat diterjang gelombang pasang, Senin 23 April 2018.

Ketua Pemuda Nagari Kapuh, Rival menyebutkan, gelombang pasang itu mulai terjadi sejak Minggu kemarin. Jangkauan gelombang tersebut telah menjamah ke sekitar rumah penduduk, bahkan membuat akses jalan warga menjadi rusak.

"Jalan sepanjang 600 meter rusak, dan gerusan gelombang terus mengancam. Karena hujan terus terjadi dan gelombang sudah sampai ke kedai-kedai di sekitar pantai," sebut Rival pada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, selain mengancam sarana infrastruktur, sebanyak 1.200 kepala keluarga (KK) juga terancam diamuk gelombang pasang, meski pinggiran pantai sudah ada bebatuan penahan ombak.

"Penduduk kami diperkirakan sebanyak 3.500 jiwa yang bermukim dipinggiran pantai, dan sekarang mereka sedang terancam," tambahnya.

Lanjutnya, hingga Senin 23 April 2018 sore, gelombang pasang masih tampak tinggi dan dikhawatirkan akan menyebabkan abrasi di kawasan pantai tersebut.

"Kami berharap perhatian pemerintah daerah segera memberikan pertolongan terhadap kami yang terdampak. Kami berharap gelombang tinggi ini bisa teratasi," tutupnya.

[Kiki Julnasri]