Usai Ikuti Diklat, 83 Praja Muda Satpol PP Padang Siap Tegakkan Perda

"Diklat ini diselenggarakan sejak 25 Maret hingga 23 April 2018 "
Personil Praja Muda Sat Pol PP Kota Padang disalami usai mengikuti diklat (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pendidikan dan Pelatihan Dasar angkatan ke-5 bagi sebanyak 83 personil Praja Muda Sat Pol PP Kota Padang resmi ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Asnel di Aula Kantor Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sumbar Padang Besi, Senin 23 April 2018.

Seperti diketahui, pelaksanaan Diksar yang diselenggarakan sejak 25 Maret hingga 23 April 2018 ini merupakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) teknis dan fungsional Pol PP yang wajib diikuti oleh seluruh anggota Sat Pol PP sesuai amanat pada Pasal 21 Peraturan Pemerintah (PP) No.6 tahun 2010.

Hal ini penting dilakukan, mengingat dalam pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai penegak Perda, Peraturan Kepala Daerah, serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, anggota Sat Pol PP perlu dibekali dengan pengetahuan tentang tugas pokok serta perundang-undangan yang menjadi dasar dalam penegakan aturan.

Di samping itu, pembekalan untuk kesiapan dan keterampilan serta kemampuan fisik sesuai standar yang harus dimiliki oleh personil dalam setiap penanganan kasus. Maka dari itu, para instruktur dari SPN Polda Sumbar memberikan kesamaptaan, sehingga memiliki standar kompetensi yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Sat Pol PP Kota Padang melalui Sekretarisnya, Yose Rizal menyampaikan, Diksar ini sangat penting dilakukan bagi Praja Muda Sat Pol PP Kota Padang sebelum melaksanakan tugas nantinya. Sebagaimana perlu ditempa secara fisik dan mental untuk dapat menangani seluruh tugas secara bijak. Kemudian diharapkan mampu mencarikan solusi yang terbaik sehingga semua yang dilakukan tepat sasaran tentunya tidak menyalahi aturan. (rel.*)