Awal Mei Presiden Jokowi akan ke Sumbar Lagi, Apa Agendanya?

"Selain ke Kota Padang, rencananya Jokowi juga akan bertandang ke Kabupaten Solok dan Sijunjung"
Jokowi (Humas Setkab)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengungkapkan, kemungkinan besar Presiden Jokowi akan ke Sumbar pada tanggal 8 Mei 2018 mendatang. Agenda presiden meresmikan Kereta Api Bandara (KA) Minangkabau Ekspres. 

Wagub menyebutkan kedatangan Jokowi ke Sumatera Barat pada Mei mendatang itu tidak hanya untuk meresmikan KA Bandara, tetapi juga akan ada sejumlah kegiatan lainnya. Seperti ke kawasan Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok, dan proyek padat karya, dan kemungkinan juga akan ke Kabupaten Sinjunjung.

"Dari informasi terakhir yang saya terima KA Bandara diresmikan pada tanggal 8 Mei. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo," katanya di Padang, Senin 23 April 2018.

"Untuk di Sijunjung belum bisa dipastikan lagi, karena masih rencana. Tapi untuk KA Bandara kemungkinan jadi Mei itu," tegasnya.

Menurutnya untuk KA Minangkabau Ekspres sampai saat ini telah sering dilakukan uji cobanya. Hal tersebut dilakukan guna memastikan bahwa KA Minangkabau Ekspres sudah layak dioperasikan.

Artinya, jika nanti telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, maka Minangkabau Ekspres resmi dioperasikan. Soal rute dan tarif juga telah dipersiapakn oleh PT. KAI bersama Dinas Perhubungan.

Sebelumnya, Harga tiket Kereta api yang diberi nama Minangkabau Expres tersebut diperkirakan berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp40 ribu.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Amran, pada Sabtu 24 Februari 2018 yang lalu mengatakan, kereta yang akan mengangkut penumpang dengan rute Stasiun Simpang Haru menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akan disubsidi pemerintah melalui APBN.

“Untuk tarif yang pasti akan ... Baca halaman selanjutnya