Polresta Padang Sita 306 Miras Ilegal di Sejumlah Tempat Hiburan Malam

"Operasi tersebut dilakukan di beberapa tempat di kawasan Pondok, Padang Selatan"
Kepolisian memperlihatkan miras hasil sitaan (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Polresta Padang menyita sebanyak 306 minuman keras di beberapa tempat hiburan malam yang ada di Kota Padang pada Selasa 24 April 2018 dini hari.

Ratusan botol minuman keras yang diduga ilegal tersebut diamankan dalam sebuah operasi. Operasi tersebut dilakukan di beberapa tempat di kawasan Pondok, Padang Selatan.

Selama operasi, pihak kepolisian tampak hanya menyita minuman yang memiliki kadar alkohol di atas 10 persen saja, sesuai dengan aturan yang perundang-undangan yang berlaku.

Saat didatangi pihak kepolisian, sejumlah pemilik toko minuman mencoba membela diri dengan memperlihatkan izin dagang, namun penyitaan tetap dilakukan karena minuman keras di atas 10 persen dilarang diperjualbelikan dengan bebas.

Larangan berjualan minuman beralkohol tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 20 tahun 2014, yang membahas tentang Pengendalian Dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, Dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Hanya saja, pihak kepolisian mengaku, saat dirazia, beberapa diantara toko tersebut ada yang sudah memiliki izin dan ada pula yang tidak punya izin.

"Di beberapa lokasi tersebut, ada yang memiliki izin untuk menjual minuman keras dan ada juga yang tidak," kata Wakapolresta Padang, AKBP Kobul S Ritonga.

Operasi penyitaan minuman beralkohol itu dilakukan sesuai dengan instruksi Wakapolri, pasalnya produk minuman keras yang dijual secara ilegal tersebut telah banyak menjatuhkan korban.

Kemudian untuk barang bukti yang tidak memiliki cukai, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai dalam penindakannya.

"Untuk yang diduga illegal, kami akan berkoordinasi dengan pihak bea cukai dan untuk yang tidak memiliki izin, kami akan berkoordinasi dengan Pemko," pungkas Kobul.

[Halbert Chaniago]