Peringati Hari Kartini, Pemko Padang Pilih Perempuan Inspiratif dan Tangguh

"Ada 3 perempuan inspiratif serta 3 perempuan tangguh yang dipilih pemerintah"
Seremonial perigatan Hari Kartini oleh Pemko Padang (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemko Padang memberikan apresiasi bagi perempuan inspiratif dan perempuan tangguh bertepatan dengan perayaan Hari Kartini yang digelar di Hotel Kriyad Bumi Minang, Selasa 24 April 2018.

Terpilih 3 perempuan inspiratif dan 3 perempuan tangguh yang dinilai memenuhi kriteria. Perempuan inspiratif yaitu yang telah membawa pengaruh bagi sesama perempuan dan lingkungannya dalam kiprahnya, sedangkan perempuan tangguh ialah ibu yang seorang diri (janda) menjalani kehidupan, membesarkan dan menafkahi keluarganya paling tidak sudah lima tahun.

Perempuan inspiratif yang terpilih tersebut adalah Erlina (Parak Gadang Timur, Padang Timur), Fifola Elfina (Mato Aia, Padang Selatan), serta Rahmawati (Belakang Tangsi, Padang Barat).

Sementara untuk perempuan tangguh, terpilih Julina (Kampung Baru Nan XX, Lubuak Bagaluang), Andalusiawati (Kampuang Olo, Nanggalo), serta Gusrianova (Korong Gadang, Kuranji).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Heryanto Rustam menyebut apresiasi ini sebagai penghormatan atas terwujudnya simbol persamaan gender dan emansipasi wanita. Hal ini ditandai dengan peringatan Hari Kartini setiap tahun yang diambil dari hari lahir pejuang wanita tersebut, 21 April.

"Pada momentum Hari Kartini ini Pemko Padang memberikan apresiasi kepada perempuan tangguh dan perempuan inspiratif yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan," sebut Heryanto. (rel.*)