Tidak Semua Miras Harus Pakai Pita Cukai

"Ada beberapa golongan miras yang semestinya harus memiliki pita cukai dan tidak semestinya memiliki pita cukai"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Arya Irfanus)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Menanggapi adanya peredaran miras yang tidak memiliki pita cukai, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Teluk Bayur, Hilman, mengungkapkan tidak semua minuman keras yang beredar harus memiliki pita cukai.

Menurutnya, ada beberapa golongan miras yang semestinya harus memiliki pita cukai dan tidak semestinya memiliki pita cukai.

"Misalkan minuman bir atau minuman dengan kadar alkohol di bawah lima persen, itu tidak perlu memakai pita cukai. Ini disebut miras yang masuk dalam golongan A karena mengandung alkohol di bawah lima persen," ujarnya, Selasa 24 April 2018.

Ia mengatakan, untuk miras yang wajib memiliki pita cukai terdiri dari kadar alkohol di atas kandungan 5-20 persen dan masuk dalam kategori golongan B. Begitupun dengan golongan C berada di takaran alkohol sebanyak 20 persen lebih.

"Jadi miras yang masuk dalam golongan A dan B wajib memakai pita cukai. Jika miras itu ditemukan dan kedapatan tidak memiliki pita cukai berarti ilegal," lanjutnya.

Ia mengatakan, jika memang ada ditemukan beredar miras dari dua golongan yang tidak memiliki pita cukai akan mendapat sanksi sesuai pasal 54 Undang-undang nomor 39 tahun 2007 tentang cukai dengan ancaman pidana paling singkat satu tahun paling lama lima tahun penjara.

"Bea cukai dalam hal ini kita juga gencar melakukan razia dan tetap pasti melakukan juga pengawasan. Apa yang dilakukan Polresta Padang ini patut apresiasi, kita akan bekoordinasi nantinya," tutupnya.

[Halbert Caniago]