Mau Aman? Lakukan Hal Ini Sebelum Berkendara

"Seiring dengan peningkatan populasi sepeda motor tersebut, angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia juga meningkat"
Sosialisasi keamanan berkendara di SMK 2Pariaman (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Jumlah sepeda motor di Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun meningkat cukup pesat. Menurut data BPS, pada tahun 2015 jumlah kendaraan roda dua ini mencapai 98,88 juta unit.

Jumlah itu kemudian terus meningkat di tahun 2016, yang mana jumlahnya mencapai 105,15 juta unit atau meningkat 8,3 persen dari tahun sebelumnya.

Jumlah yang berbeda dirilis oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada bulan Mei tahun 2016 lalu, Ketua AISI, Gunadi Shindhuwinata mengatakan jumlah sepeda motor hanya 85 juta unit. Dan jumlah tersebut merupakan sepertiga dari populasi Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa di tahun itu.

Dengan peningkatan yang cukup signifikan, bisa dilihat saat ini jalan raya di berbagai belahan nusantara lebih didominasi oleh kendaraan roda dua. Memang keberadaan sepeda motor telah menunjang kebutuhan masyarakat sehari-sehari.

Namun siapa sangka, seiring dengan peningkatan populasi sepeda motor tersebut, angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia juga meningkat.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan pada tahun 2017 lalu, jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 108.374 peristiwa dan memakan korban setidaknya 25.859 orang meninggal dunia dan 143.852 korban luka-luka pada 2016.

Bahkan, setiap hari di Indonesia, 70 sampai 71 orang atau dua sampai tiga orang setiap jam tidak kembali ke rumah karena meninggal dalam kecelakaan lalu lintas.

Dari data tersebut juga dijelaskan bahwa, sebanyak 135.883 kejadian adalah disebabkan oleh sepeda motor. Yang lebih mengejutkan dari data tersebut adalah penyebabnya. Kemenhub merilis bahwa penyebab kecelakaan sepeda motor karena tidak menggunakan helm saat berkendara.

Dengan kondisi seperti itu, budaya berkendara dengan aman atau Safety Riding perlu ditanamkan sejak usia dini. Terkait dengan itu, salah satu main dealer sepeda motor Honda di Sumbar-PT Hayati Pratama Mandiri gencar melakukan ... Baca halaman selanjutnya