Polres Solok Kota Ungkap Peredaran Tuak dan Miras Ilegal

"Ribuan botol itu diamankan dalam periode sepekan belakangan ini"
Miras jenis tuak yang diamankan polisi (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Peredaran minuman keras (miras) jenis tuak terbilang cukup tinggi di kota Solok. Dalam sepekan terakhir, petugas Polres Solok Kota telah mengungkap peredaran ribuan botol miras ilegal dan seribu liter lebih minuman keras jenis tuak.

Dari data Polres Solok Kota, petugas menyita 1.512 botol miras merek Guines dan 120 botol miras merek Bir Bintang ilegal dari tangan EJ (50), warga Kelurahan PPA kota Solok, pada Senin (23/4) kemarin.

Ribuan botol miras tersebut diamankan petugas ketika tengah bongkar muat di kawasan tersebut.  Pemilik miras tidak bisa berbuat banyak, saat aktivitas pembongkaran dihadang polisi. Saat dimintai surat izin, pemilik tidak bisa menunjukkannya.

Tidak berhenti sampai disitu, dihari yang sama, petugas juga berhasil membongkar peredaran gelap minuman tradisional jenis tuak yang ditengarai milik LN (50) warga Payakumbuh di kawasan simpang AA, Nagari Sumani Kabupaten Solok.

Sebanyak 30 jerigen yang berisikan masing-masing 30 liter tuak jenis air kelapa dan aren diamankan, berikut mobil L 300 pickup dengan nomor polisi BA 8014 MN yang dikemudikan Marjani Manalu (28).

Dari pengakuan Sopir yang baru bekerja dua bulan tersebut minuman tuak itu memang dipasok untuk sejumlah warung tuak di kota Solok. Setidaknya, ia memasok tuak ke kota Solok satu kali dalam empat hari.

Beberapa hari sebelumnya, petugas sudah merazia sejumlah warung atau kedai tuak yang ada di kota Solok dan berhasil mengamankan lebih kurang 177 liter tuak. Begitu juga dengan kedai minuman di pasar raya, petugas mengamankan 3 botol minuman berupa Vodka, Anggur merahndan Widsky.

Menurut Kapolres Solok kota, AKBP Dony Setiawan Dalam operasi semingu terakhir, minuman keras yang berhasil diamankan berupa Bir Bintang sebanyak 120 Botol, Bir Guines sebanyak 1.512 botol, minuman tradisional jenis tuak sebanyak 1.077 liter ditambah 3 botol minuman bermerek Vodka, Anggur ... Baca halaman selanjutnya