Lubang Misterius Muncul di Es Laut Arktik, Ilmuwan NASA Kebingungan

"Para peneliti memiliki sejumlah teori tentang bagaimana lubang itu terbentuk meskipun belum ada yang terbukti."
Lubang misterius di Laut Arktik. (NASA)

KLIKPOSITIF - NASA telah mengamati es laut Arktik selama lebih dari sepuluh tahun. Tetapi dalam sebuah ekspedisi baru-baru ini, badan antariksa itu melihat sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Pada tanggal 14 April, John Sonntag, seorang ilmuwan Operasi EsBridge NASA, mengambil foto di atas Laut Beaufort, sekitar 50 mil di sebelah barat laut Mackenzie River Delta Kanada.

“Kami melihat fitur-fitur melingkar hanya untuk beberapa menit hari ini. Saya tidak ingat melihat hal semacam ini di tempat lain,” katanya.

Fitur seperti lubang itu berada di daerah di mana es muda tumbuh di lokasi yang dulu merupakan aliran air.

Namun Nathan Kurtz, yang juga bekerja di proyek tersebut, mengatakan, ”Saya tidak yakin dinamika seperti apa yang bisa mengarah pada fitur berbentuk setengah lingkaran yang mengelilingi lubang. Saya belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya. ”

Para peneliti memiliki sejumlah teori tentang bagaimana lubang itu terbentuk meskipun belum ada yang terbukti.

Salah satu teori adalah bahwa lubang-lubang itu mungkin telah dibuat oleh anjing laut untuk menciptakan area terbuka di dalam es di mana mereka dapat muncul untuk bernapas. Atau itu bisa menjadi semacam fitur drainase yang dihasilkan ketika lubang dibuat di es.

Ahli lain percaya lubang itu mungkin disebabkan oleh konveksi.

Chris Shuman, Universitas Maryland di Baltimore County glaciologist, mengatakan: "Ini adalah air yang sangat dangkal, jadi ada kemungkinan ini hanya 'mata air hangat' atau rembesan air tanah yang mengalir dari pegunungan pedalaman."

Tim peneliti sekarang berharap untuk mensurvei area itu lebih lanjut untuk memahami bagaimana lubang tersebut terbentuk.

Sumber: Mirror Online