KPU Padang Tetapkan Jumlah DPT dari Lapas

"Penetapan DPT, kata Yusrin dilakukan setelah melakukan proses coklit"
Ketua Divisi Program dan Data KPU Kota Padang, Yusrin Trinanda (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari dua lembaga permasyarakatan yang ada di ibukota provinsi Sumatera Barat tersebut.

Untuk di dua Lapas tersebut, KPU mencatat terdapat 510 pemilih di Lembaga Permasyarakatan Kelas I A Muaro Padang. Sedangkan untuk di rumah tahanan Anak Aia, Lubuk Buaya sebanyak 282 pemilih.

"Namun begitu, kami belum mendapatkan jumlah pemilih di ruang tahanan Polsek dan Polsek, bisa jadi prosesnya nanti secara berjalan," kata Ketua Divisi Program dan Data KPU Kota Padang, Yusrin Trinanda.

Penetapan DPT, kata Yusrin dilakukan setelah melakukan proses coklit. Sehingga total pemilih tidak dapat lagi berubah, meskipun akan ada nantinya warga binaan yang baru masuk lapas.

"Kalau tidak tentu dicocokkan lagi ke Disdukcapil," ujarnya.

Sementara itu Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, KPU Padang, Mahyudin mengatakan, untuk petugas KPPS sebanyak 7 orang yang langsung diperbantukan dari petugas lapas.

"Sejauh ini tidak ada kendala. Koordinasi terus dilakukan dengan petugas lapas, apakah itu terkait sosialisasi dan yang lainnya," pungkasnya.

Diketahui, untuk Kota Padang sendiri, jumlah DPT secara keseluruhan sendiri telah ditetapkan sebanyak 535.265 pemilih.

[Cecep Jambak]