Pemilihan Sekdaprov Sumbar Ditentukan oleh Presiden

" Ada 5 nama calon seleksi terbuka Sekdaprov Sumbar yang mengikuti tes wawancara tersebut"
Sekdaprov Sumbar Ali Asmar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Sekdaprov Sumbar Ali Asmar mengatakan, pemilihan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat berada di tangan Presiden setelah melalui seleksi provinsi.

“Sekarang langsung dari tim yang dibentuk presiden,” ungkapnya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu, 25 April 2018.

Dijelaskannya, setelah penilain tim Panitia Seleksi tingkat provinsi selesai, hasil tersebut akan diserahkan kepada gubernur untuk selanjutnya dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KSN). Seterusnya menuju Mendagri dan lanjut ke Tim Penilai Akhir (TPA) Sekretaris Negara. Setelah itu satu nama pejabat eselon I di Pemprov Sumbar ditetapkan oleh Presiden.

Menurut Ali, hal demikian dilakukan karena orang yang menjabat Sekdaprov merupakan Eselon I, yang memiliki golongan tertinggi di provinsi.

“Kemudian, kenapa presiden langsung yang menetapkan, dulu ada pembeda antara Eselon I pusat dan daerah, sekarang tidak lagi,” tuturnya.

Untuk diketahui, hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar semakin mengerucut. Tiga nama urutan teratas dalam hasil tes wawancara yang dilakukan panitia seleksi (pansel) yang dilakukan Senin (23/4) telah diumumkan di website resmi  Pemprov Sumbar www.sumbarprov.go.id. 

Sebelumnya, ada 5 nama calon seleksi terbuka Sekdaprov Sumbar yang mengikuti tes wawancara tersebut. Terdiri dari Hansastri yang saat ini menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumbar, Novrial Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Dukcapil Provinsi Sumbar, Abdul Gafar Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Benny Warlis Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, dan Alwis Kepala Dinas ... Baca halaman selanjutnya