Selama Ramadan, Pemkab Pessel akan Lakukan Operasi Pasar

"Ada 50 pasar di Pessel, yang terdiri 35 pasar nagari dan 15 pasar kabupaten"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal melakukan operasi pasar rutin selama Ramadhan tahun 2018 dalam menekan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di daerah tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Abdul Hanif menyebutkan, rencananya pelaksanaan operasi pasar rutin ini akan dilakukan di seluruh pasar di daerah itu.

"Di daerah kita (Pessel) ada 50 pasar, yang terdiri 35 pasar nagari dan 15 pasar kabupaten. Operasi pasar akan kita pusatkan di setiap pasar-pasar yang memiliki cakupannya luas di tengah masyarakat," sebut Abdul Hanif pada KLIKPOSITIF, Rabu 25 April 2018.

Dia menjelaskan, dalam melakukan operasi pasar tersebut, pihaknya akan mengatur jadwal sedemikian riupa, agar pihaknya bisa berkunjung ke setiap pasar selama Ramadhan.

"Setiap pasar harus kita ketahui apa saja aspirasinya, dan khususnya dalam memantau kenaikan harga serta menekan jika kondisi kenaikan harga terjadi," jelasnya.

Menurutnya, dalam menekan harga, pihaknya juga akan menggelar pasar murah selama Ramadhan. Setidaknya, pasar murah tersebut menimilisir permainan harga di tengah distriburtor selama Ramadhan berlangsung.

"Pasar murah ini akan dilaksanakan seperti Ramadhan sebelumnya. Kita fokuskan untuk mengurangi keluhan harga yang sering dimainkan di tingkat distributor," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]