Jalan Penghubung Antar Pulau di Mentawai Mulai Dikerjakan

"Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang memproses pembukaan jalan"
Kepala Seksi Perencanaan Korem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Chrishardjoko. (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menghubungkan sejumlah daerah di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pemerintah akan membangun jalan sepanjang 167 kilometer. Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang memproses pembukaan jalan.

Kepala Seksi Perencanaan Korem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Chrishardjoko mengatakan, agar proses pembukaan jalan tidak terkendala saat pengerjaan, administrasi atau dokumen pembebasan lahan harus segera diselesaikan.

“Salah satunya adalah pelepasan lahan di dalam taman nasional, perlu dikerjakan dari awal ini. Jangan nanti itu menjadi kendala untuk eksekusi tahun 2019,” ungkap Kolonel Inf Chrishardjoko, usai rakor di Tua Pejat.

Skema pengerjaan sendiri, kata Kolonel Inf Chrishardjoko, masih dalam pembahasan dengan instansi terkait. Salah satunya juga adalah terkait penganggaran yang diakuinya belum diketahui berapa kebutuhannya. Yang jelas katanya, TNI akan melakukan pembukaan jalan terlebih dahulu, dan menunggu instruksi selanjutnya.

“Tentunya dengan kegiatan ini harapannya warga Mentawai mendapatkan akses lebih mudah. Kita masih membuka jalan dulu, kalau nanti ada peningkatan atau apa, akan dikomikasikan lebih lanjut,” ujarnya.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, perencanaan pembangunan jalan sedang disiapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mentawai.

Selain jalan katanya, pemerintah juga tengah membangun pelabuhan atau dermaga. Agar bisa menghubungkan antar daerah dan antar pulau di Mentawai. “Pembangunan yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat, dan melepaskan Kabupaten dari kawasan tertinggal,” ujarnya.

[Cecep Jambak]