Hari Pertama Operasi Patuh di Padang, 80 Pengendara Emak-emak Ditilang

"Rata-rata para pelanggar ini didominasi oleh ibu-ibu yang berkendara, pelajar dan pekerja"
Seorang ibu rumah tangga terjaring dalam Operasi Patuh yang digelar Satlantas Polresta Padang di Jalan Bypass. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hari pertama operasi Patuh Singgalang 2018, Satlantas Polresta Padang mengeluarkan surat tilang sebanyak 275 lembar untuk pengendara yang melakukan pelanggaran pada Kamis 26 April 2018. Dari 275 pelanggar tersebut, 80 orang diantaranya emak-emak (ibu rumah tangga).

275 lembar tilang tersebut diberikan kepada seluruh pelanggar lalu lintas di semua lokasi yang ada di Kota Padang. "Operasi ini dilakukan sesuai instruksi pimpinan dan kami telah melakukan penindakan terhadap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas," ujar Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya.

Dia mengatakan, bahwa ratusan tilang tersebut diperoleh dari dua lokasi saat pihaknya melakukan operasi patuh tersebut. Rata-rata para pelanggar ini didominasi oleh ibu-ibu yang berkendara, pelajar dan pekerja. "Tadi pagi kami melaksanakan operasi di daerah Sawahan dan pada sore kami lakukan di Jalan Bypass," lanjutnya.

Ditambahkan Asril, pihaknya melakukan penindakan terhadap pelanggaran kasat mata ataupun tidak kasat mata. "Yang kami tindak ada yang tidak menggunakan helm, ada yang tidak memakai spion dan ada juga yang tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan bermotor," lanjutnya.

Asril pun menegaskan bahwa operasi tersebut dilakukan untuk mengurangi korban terhadap angka kecelakaan lalu lintas di Kota Padang. Dia mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas dan selamat dalam berlalu lintas serta mematuhi peraturan yang berlaku.

[Halbert Caniago]