HKBN 2018, Pegawai Pemprov Sumbar Berhamburan ke Shelter

"Ada sebagaian pegawai yang terlihat panik. Namun banyak pula yang berjalan santai,"
Pegawai Pemprov Sumbar Menyelamatkan diri ke Shelter (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar tadi pagi melakukan simulasi memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 dengan cara menghidupkan sirine tanda peringatan dini gempa berpotensi tsunami pada pukul 10.00 WIB.

Ketika mendengar sirine ratusan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhamburan menyelamatkan diri menuju shelter di gedung Escape Building Kantor Gubernur Sumbar lantai 4.

"Hai ini dilakukan guna melihat sejauh mana pemahaman masyarakat akan tanda - tanda bahaya bencana," ungkap Pelaksana tugas (Plt) BPBD Sumbar, Rumainur di gedung Escape Building, Kamis (26/4/2018).

Ada sebagaian pegawai yang terlihat panik. Namun banyak pula yang berjalan santai, meski petugas kebencanaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar memberikan arahan agar seluruh pegawai bergegas menyelamatkan diri menuju shelter.

"Yang paling penting, masyarakat, termasuk pegawai sudah paham cara menyelamatkan diri ketika bencana datang. Jika dibanding HKBN tahun sebelumnya, kesadaran pegawai di Pemprov Sumbar untuk ikut praktik simulasi sudah meningkat. Tahun lalu hanya 2 orang, sekarang sudah ratusan yang ikut. Semangat kesiapsiagaan telah tumbuh," ujarnya.

Rumainur menjelaskan, simulasi evakuasi mandiri menghadapi gempa tsunami HKBN 2018 dilaksanakan tak hanya di Kantor Gubernur Sumbar, melainkan juga pada 100 titik lainnya di 19 kabupaten/kita di Provinsi Sumbar. Seperti di sekolah-sekolah dan instansi pemerintahan lainnya. Jumlah masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, terdata lebih 500 ribu orang.

"Kalau untuk di Padang saja ada 40 titik lebih. Dalam kegiatan ini, BPBD dan relawan disebar untuk melakukan pemantauan kegiatan simulasi. Hasil monitoring akan dievaluasi hari berikutnya," bebernya.

Tak hanya melatih masyarakat untuk siap siaga menghadapi bencana, simulasi evakuasi mandiri juga dilakukan untuk mengecek ... Baca halaman selanjutnya