Aset Sejarah Sawahlunto Bakal Diverifikasi UNESCO Agustus Mendatang

"Langkah verifikasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan pengakuan dunia"
Kota Sawahlunto dari ketinggian (Net)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB)-Unesco bakal memverifikasi aset sejarah yang dimiliki oleh Kota Sawahlunto pada bulan Agustus mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Peninggalan Bersejarah Dinas Kebudayaan dan Permeseuman Sawahlunto Wan Ikhlas. Menurutnya, langkah verifikasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan pengakuan dunia terhadap Sawahlunto sebagai Kota Pusaka atau Heritage Town.

Pengakuan dari internasional terhadap kota tambang itu dinilai memberikan efek besar terhadap tanah kelahiran pahlawan nasional Muhammad Yamin tersebut.

"Pengakuan itu tentunya akan memberikan dampak positif terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Namun, pengakuan dari dunia tidak cukup, menurut dia masyarakat juga perlu menyadari aset yang dimiliki oleh Sawahlunto sendiri.

Lantas untuk memberikan edukasi pada masyarakat, Pemko Sawahlunto menggelar Festival Kota Tua yang dihelat pada hari ini hingga Minggu 29 April 2018 mendatang.

"Festival ini rangkaian dari untuk menjadikan Kota Sawahlunto menjadi Kota Pusaka yang diakui dunia," katanya.

Sementara itu, ketua penyelenggara festival Iwan Darmawan menyebut bahwa dengan kegiatan itu, masyarakat bisa dididik untuk menjaga dan melestarikan semua aset sejarah tersebut.

"Masyarakat Sawahlunto harus menyadari bahwa kita punya potensi besar dalam budaya dan sejarah, ini yang perlu dijaga dan dilestarikan," sebut Iwan.

Dalam festival ini, penyelenggara menyuguhkan rangkaian acara berupa Festival kuda kepang, Netherlands and Java Fashion Show, Lomba Dialog Tangsi (Dialog Khas Sawahlunto), Pameran Lukisan, Barang Antik dan Benda Pusaka, Bazar Kuliner Tempo Dulu.

[Muhammad Haikal]