Bimtek Situng Hasilkan Penghitungan Suara Cepat dan Akurat

"Agar peserta bimtek bisa aktif untuk mengikuti semua sesi yang di agendakan oleh panitia, sehingga hal hal apa yang menjadi tujuan dalam bimtek penggunaan aplikasi bimtek saat ini dapat tercapai"

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Gelombang II pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Serpong Tangerang, Banten Sabtu (28/4/2018).

Kegiatan ini resmi di buka Komisioner KPU Wahyu Setyawan. Bimtek Situng Gelombang II sendiri diselenggarakan selama dua hari (28 – 29 April 2018) dan diikuti 276 peserta, terdiri dari komisioner KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota divisi dan operator Situng yang terdiri dari masing - masing satuan kerja (satker).

Dalam sambutannya Wahyu menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk membahas, mempelajari, dan mempratekkan secara langsung penggunaan Aplikasi Situng untuk Pilkada 2018. Dia menjelaskan Situng untuk Pilkada 2018 terdiri beberapa jenis yakni Situng Pindai, Situng Rekap, Situng Aggreator, Situng Web serta Situng Entri.

Penggunaaan aplikasi situng ini menurut dia digunakan pada saat hari pemungutan suara dan saat rekapitulasi.

Wahyu berharap pelaksanaan bimtek penggunaan aplikasi situng dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh semua operator khususnya dalam mengetahui cara mengoperasikan aplikasi situng yang menjadi tahapan penting dalam proses penghitungan suara dan rekapitulasi penghitungan suara. "Agar peserta bimtek bisa aktif untuk mengikuti semua sesi yang di agendakan oleh panitia, sehingga hal hal apa yang menjadi tujuan dalam bimtek penggunaan aplikasi bimtek saat ini dapat tercapai," tutur Wahyu.

Senada, Wakil Kepala Biro Teknis dan Hupmas Sekretariat Jendral KPU, Supriatna menyampaikan maksud dari pelaksanaan Bimtek Situng Pilkada yaitu untuk dapat memberikan pemahaman dan pengetahuaan kepada penyelenggaraan terhadap penggunaan Situng Pilkada 2018. "Tujuannya agar penyelenggara pemilu di tingkat daerah dapat menggunakan aplikasi Situng Pilkada 2018 guna mewujudkan transparasi informasi hasil penghitungan suara kepada publik secara ... Baca halaman selanjutnya