Pesan Birokrat Senior untuk Pembangunan Sumbar

"Mengawal pembangunan perlu dilakukan secara serius"
Zul Evi Astar (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Provinsi Sumatera Barat sedang memasuki era pembangunan, iklim investasi dan inovasi mulai gencar dilakukan oleh pemerintah daerah. Pembangunan yang dilakukan menyentuh banyak.

Mengawal pembangunan perlu dilakukan secara serius. Di sisi lain, pemerintah dituntut aktif dalam menggali dan mengkaji potensi daerah.

Setidaknya begitulah komentar salah seorang birokrat senior kenamaan Sumatera Barat, Zul Evi Astar. Menurut dia, dalam pembangunan segala sektor, hal utama yang perlu dilakukan pemerintah adalah tetap berinovasi.

"Inovasi sangat penting, pemerintah harus lebih kreatif dalam menggali potensi daerah sehingga menjadi daya tarik banyak pihak," katanya saat berkunjung ke KLIKPOSITIF, Senin 30 April 2018.

Pengembangan inovasi, kata dia, perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tentunya, persoalan inovasi itu membutuhkan kepekaan pejabat daerah untuk melihat persoalan di 19 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat.

"Kepekaan pejabat daerah tersebut bisa dilihat dari sejauh mana dia mampu melihat persoalan di daerah dan menjadikannya rekomendasi-rekomendasi kebijakan di tingkat nasional," ucap dia.

Dalam hal ini ia menyampaikan, pemerintah memiliki tiga tugas fungsi dalam mengelola pembangunan ataupun berinovasi dalam iklim peningkatan taraf hidup masyarakat.

"Pemerintah berfungsi tiga hal, kapan seorang pejabat itu bisa melayani, kapan dia bisa mengatur dan kapan pula dia bisa memberdayakan. Kalau pemerintah tiga memiliki salah satu dari tiga fungsi tersebut, berarti pemerintah tidak hadir dalam mengatasi persoalan ekonomi, politik dan kelompok masyarakat," jelas Zul Evi Astar.

Di sisi lain, ia menjelaskan ... Baca halaman selanjutnya