Desa Madobak Mentawai Terpilih Sebagai Desa Terbaik di Indonesia

"Penghargaan itu diberikan pada pertengahan tahun 2017 lalu, desa madobak terpilih masuk dalam 10 desa wisata terbaik Nasional"
Suasana keseharian desa Madobak Siberut Selatan-Mentawai (Ist)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF – Desa Madobak Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai terpilih sebagai desa terbaik dalam kategori Desa Adat Terbaik se-Indonesia. Penilaian sebagai desa terbaik kategori desa adat itu diberikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Pariwisata melalui program pengembangan desa wisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Mentawai, Desti Seminora membenarkan adanya penghargaan dari pemerintah itu dengan terpilihnya desa Madobak sebagai desa terbaik se-Indonesia.

“Penghargaan itu diberikan pada pertengahan tahun 2017 lalu, desa madobak terpilih masuk dalam 10 desa wisata terbaik Nasional,” Ujar Desti di Tuapejat, Jumat, (4/5)

Menurut Desti, Desa Madobak merupakan salah satu desa di Mentawai yang masyarakatnya tetap mempertahankan adat dan budaya asli Mentawai yang hingga saat ini masih ada dan terpelihara dengan baik oleh masyarakat di desa itu, sehingga Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sekaligus Kementerian Pariwisata menganggap warga desa Madobak terbukti mampu mempertahankan potensi yang ada, terutama dibidang adat dan budaya, sehingga berdampak pada penguatan pariwisata Indonesia di mata dunia.

Pengembangan desa wisata, kata Desti merupakan salah satu program yang terus digenjot Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sekaligus Kementerian Pariwisata. Terkait dengan pengembangan desa wisata itu, kata Desti Pemerintah Mentawai melalui dinas pariwisata mengembangkan 2 desa di Kecamatan Siberut Selatan yakni desa Muntei dan desa Madobak sebagai desa wisata.

“Desa Madobak dan desa Muntei, memang kita jadikan kawasan konservasi wisata berbasis budaya, karena budaya asli Mentawai sampai saat ini masih ada di dua desa itu, jadi harus kita pertahankan itu, jangan sampai hilang," kata ... Baca halaman selanjutnya