ASEAN dan Kanada Sepakat Perkuat Kerjasama di Berbagai Bidang

"Pentingnya ASEAN juga terlihat dari telah adanya 35 High Contracting Parties to the TAC (Treaty of Amity and Cooperation), termasuk Kanada"
Dialog ASEAN-Kanada ke-15 (kemenlu)

KLIKPOSITIF -- “Dalam arsitektur kawasan, ASEAN memiliki peranan sentral. ASEAN dengan berbagai ASEAN-led mechanisms, seperti ASEAN+1, ASEAN+3, ADMM-Plus, EAS, dan ARF, telah ikut membentuk kawasan yang damai, aman, stabil, dan sejahtera,” tutur Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Jose Tavares, Ketua SOM (Senior Official Meeting) ASEAN-Indonesia pada Pertemuan ke-15 Dialog ASEAN-Kanada (15th ASEAN-Canada Dialogue/ACD) yang diselenggarakan di Manila, Filipina, 2-3 Mei 2018.

“Pentingnya ASEAN juga terlihat dari telah adanya 35 High Contracting Parties to the TAC (Treaty of Amity and Cooperation), termasuk Kanada,” Tavares menambahkan.

Tavares juga menggarisbawahi pentingnya beberapa prinsip dalam pengembangan konsep Indo-Pacific ini, antara lain: keterbukaan, transparan, inklusif, penghormatan pada aturan hukum internasional, complementarity (keselarasan), ASEAN Centrality, dan ASEAN-led mechanisms yang dilandasi semangat kerja sama.

“Hanya dengan itu, kita dapat menciptakan ekosistem kawasan yang damai, stabil dan sejahtera, yang memberikan manfaat untuk semua pihak,” ujarnya.

Terkait perkembangan ekonomi global saat ini yang mengarah ke proteksionisme, Indonesia menekankan pentingnya regionalisme ekonomi yang membawa keuntungan bagi semua. Upaya tersebut dilakukan oleh negara-negara ASEAN dan Kanada. Di ASEAN, salah satu focus utama adalah penyelesaian negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) pada tahun 2018.

Berbagai usulan dan masukan Indonesia tersebut ditanggapi secara positif oleh negara ASEAN dan Kanada. Dr. Donald Bobiash, Ketua Delegasi Kanada yang juga mantan Dubes Kanada di Jakarta. menjelaskan, “Masukan-masukan yang konstruktif dari Indonesia tentunya perlu kita diskusikan lebih dalam, untuk semakin memperkuat kerja sama ASEAN dan Kanada yang telah berjalan selama lebih dari 40 tahun.”

Dialog ASEAN-Kanada ke-15 tersebut ... Baca halaman selanjutnya