Unand Kirim 39 Mahasiswa ke Malaysia dan Vietnam

"Mahasiswa tersebut didanai keberangkatan dan kepulangannya oleh kampus sendiri dan untuk konsumsi di sana menggunakan dana pribadi"
Dialog dan Arahan kepada Mahasiswa Unand yang KKN ke Malaysia dan Vietnam (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Universitas Andalas (Unand) akan mengirim sebanyak 39 orang mahasiswanya ke Malaysia dan Vietnam dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2018.

Koordinator Umum KKN Unand Syamsuardi mengatakan bahwa ada 22 orang mahasiswa di UNAND akan melaksanakan KKN di Malaysia dan 17 orang di Vietnam.

"Mahasiswa tersebut didanai keberangkatan dan kepulangannya oleh kampus sendiri dan untuk konsumsi di sana menggunakan dana pribadi," ujarnya kepada KLIKPOSITIF, Jumat 4 Mai 2018.

Ia mengatakan bahwa mahasiswa yang ditempatkan KKN di dua Negara tersebut awalnya diseleksi dan dipilih oleh pihak kampus.

"Yang KKN di dua negara itu rata-rata yang memiliki nilai bahasa inggris yang baik," ujarnya.

Menurutnya, KKN ke luar negeri telah dilakukan dua kali oleh Unand, setelah pada tahun lalu juga dilakukan.

"Pada tahun lalu kami hanya mengirim mahasiswa KKN ke Malaysia dan untuk kali ini kami mengirim ke Vietnam juga," sambungnya.

Ia mengatakan bahwa untuk daerah yang akan ditempati oleh 39 mahasiswa tersebut akan diatur oleh host yang berasal dari dua negara tersebut.

"Untuk di Vietnam kemungkinan ada dua daerah, tapi itu nanti tergantung hostnya. Kami dari pihak kampus akan memberikan sechedule kepada host dan mereka yang mengaturnya nanti," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa untuk mahasiswa tersebut akan diinapkan di rumah penduduk sekitar agar bisa mengembangkan ilmu yang telah dipelajari.

"Untuk di Malaysia, mahasiswa akan ditempatkan di rumah penduduk. Kalau di Vietnam mungkin di rumah penduduk dan akan diinapkan di asrama saja," sambungnya.

[Halbert Caniago]