Ini Penjelasan Menteri Terkait Cuti Bersama Idul Fitri

"Selain itu juga pemerintah dapat melakukan rekayasa lalu lintas sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan mudik"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Dalam menetapkan hari cuti lebaran, pemerintah mendengarkan berbagai aspirasi. Jadi tidak diputuskan sepihak. Penegasan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta.

Menurut Puan, cuti bersama hari raya tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) menteri-menteri terkait. Tentunya, sebelum diputuskan pemerintah mendengarkan berbagai aspirasi baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun keamanan dan ketertiban.

Dari aspek sosial yang dipertimbangkan pemerintah cuti bersama tersebut akan memberi waktu yang cukup bagi warga untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang berada di luar kota.

"Selain itu juga pemerintah dapat melakukan rekayasa lalu lintas sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan mudik," katanya.

Sementara dari aspek ekonomi, lanjut Puan, pemerintah juga mempertimbangkan operasi kalangan dunia usaha. Terutama dalam menyangkut layanan di sektor perbankan, transportasi, ekspor, impor dan imigrasi. Pemerintah juga telah mendengarkan aspirasi yang disampaikan perwakilan dunia usaha.

"Ini agar tetap dapat menciptakan perekonomian yang tetap kondusif. Maka melalui serangkaian proses dan pertimbangan pemerintah mengambil kebijakan tindak lanjut SKB 3 menteri cuti bersama dari tanggal 11, 12, dan 20 Juni 2018," kata Puan.

Prinsip kata dia, pemerintah memastikan pelayanan pada masyarakat, terutama yang menyangkut kepentingan publik tetap berjalan seperti biasanya. Misalnya layanan rumah sakit, telekomunikasi, listrik, imigrasi, air minum, pemadam kebakaran, imigrasi, perhubungan dan lain sebagainya. Dan, pada setiap kementerian dan lembaga akan menugaskan pegawai yang tetap bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"PNS yang tetap bekerja melayani masyarakat pada cuti bersama dapat mendapatkan cuti di hari lain tanpa ... Baca halaman selanjutnya