Minggu Ini, Panwaslu Pasaman akan Tertibkan APK Liar

"Pihaknya telah menyurati seluruh pimpinan partai politik di Pasaman agar menurunkan seluruh baliho atau spanduk"
Salah satu contoh alat peraga kampanye yang resmi di Padang. (internet)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman dalam minggu ini akan menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak resmi dari KPU di seluruh nagari yang ada di Pasaman, Sumbar.

"Kita akan menertibkan seluruh baliho yang berbau kampanye yang terpasang di sepanjang jalan dan perkampungan di Pasaman," kata Ketua Panwas Pasaman, Rini Juita pada KLIKPOSITIF, Selasa 8 Mei 2018.

Pihaknya telah menyurati seluruh pimpinan partai politik di Pasaman agar menurunkan seluruh baliho atau spanduk. Sebelum tim gabungan turun, pihaknya sekali lagi akan menyurati atau mengimbau secara lisan kepada pengurus partai.

Tidak hanya baliho dan spanduk, Panwas Pasaman juga akan menertibkan seluruh akun media sosial seperti FB, IG yang menshare imsakiyah yang berbau kampanye. Saat ini, baliho, spanduk dan imsaykiyah tersebut masih banyak beredar.

"Khusus masalah kampanye di media sosial kita akan surati seluruh pimpinan partai politik agar menghapus statusnya yang berbau kampanye tersebut," sebutnya.

Menurut Rini, yang berbau kampanye itu adalah APK yang bertuliskan lengkap lambang partai, nomor partai politik, citra diri, no daerah pemilihan, visi misi, program. Jika itu ada, walaupun salah satu tertera di baliho dan spanduk, imsyakiah tetap akan ditertibkan.

Sebab itu telah melanggar UU nomor 07 Tahun 2017 tentang Pemilu pasal 1 ayat 35. Dalam pasal tersebut telah dijelaskan kalau lengkap lambang partai, nomor parpol, citra diri, no dapil, visi misi, program jika itu ada walaupun salah satu tertera di baliho, spanduk dan lainnya dilarang.

Penertiban alat peraga kampanye dilakukan tim gabungan yang terdiri dari Panwas, Polisi, Satpol PP, Kesbangpol dan lainnya. "Sekali lagi kita imbau, dari pada baliho atau spanduknya nanti rusak lebih baik ditertibkan sendiri" sebutnya.

[Man St Pambangun]