Pemkab Mentawai Terapkan Aplikasi Silainge, Apa Itu?

"evaluasi penggunaan aplikasi bertujuan agar setiap kegiatan Pemda Mentawai selalu dilaporkan melalui aplikasi Silainge, sehingga kegiatan OPD bisa dipantau"
Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake (pasbana.com)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Guna memantau dan melakukan evaluasi terhadap kinerja setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemerintah Mentawai mulai menerapkan sistem aplikasi yang dinamai aplikasi silainge.

Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake menyebutkan, evaluasi penggunaan aplikasi bertujuan agar setiap kegiatan Pemda Mentawai selalu dilaporkan melalui aplikasi Silainge, sehingga kegiatan OPD bisa dipantau, " dengan adanya aplikasi ini tentu sangat membantu dalam pemantauan, ini tentu sangat efektif karena nanti setiap PPTK di OPD akan melaporkan setiap kegiatannya, baik itu anggaran, pembangunan, maupun yang lainnya secara online, jadi akan nampak nantia," kata Kortanius di Tuapejat, Jumat (4/5).

Secara teknis kinerja sistem aplikasi Silange itu kata Kortanius, aplikasi tersebut akan menunjukkan warna merah, artinya OPD bersangkutan belum melaporkan atau melakukan pembaharuan, dan datanya belum dimasukkan," nanti setiap OPD ada admin yang bertanggung jawab terhadap aplikasi ini, jadi kalau ada kegiatan, misalnya ada pengadaan fisik, uangnya sudah diambil, tetapi belum dilaporkan melalui aplikasi atau website, maka tulisannya berwarna merah. Di situ ada merah, kuning, hijau, masing - masing warna ada artinya," katanya.
Menurut Korta, dengan adanya aplikasi Silainge ini semua laporan hasil kerja OPD langsung bisa dipantau kapan saja, selagi ada jaringan internet, terutama bagi kepala daerah.

"Dari situ kita bisa pantau, apa - apa saja yang sudah dikerjakan OPD, bagi yang daerahnya jauh bisa masukkan datanya langsung, tidak perlu harus datang ke Tuapeijat, sehingga biaya tidak banyak yang keluar, ini salah satu keuntungannya aplikasi ini," jelas Korta.

Lebih lanjut dikatakannya, masih ada beberapa OPD tidak peduli dengan program aplikasi tersebut, padahal katanya program yang dibuat ini merupakan pantauan bagi anggotanya bekerja atau tidak.

Ia berharap ke depan, setiap OPD bisa lebih memanfaatkan ... Baca halaman selanjutnya